Categories: News

by User

Share

Categories: News

by User

Share

Jasa Bore Pile Dan Strauss Pile Berpengalaman

Jasa Bor pile manual/strauss pile di kerjakan pengeboraan tanah dengan penggerak alat tenaga manual atau tangan. Proses cara pemasangan pondasi strauss pile dimulai dengan dikerjakan pengeboran yaitu diameter sesuai kebutuhan dan tidak lebih dari 40cm,di teruskan dengan pemasangan besi tulangan yang tentunya sudah di rakit sebelumnya,dan selanjutnya dilakukan proses pengecoran.

Strauss pile / bore pile manual adalah suatu bagian sub-struktur bangunan yang terletak di bagian paling bawah. Pondasi strauss pile cocok untuk pondasi bangunan yang memiliki beban tingkat rendah,seperti pondasi rumah 1 lantai ,2 lantai,pondasi pagar keliling,pondasi ruko dan lain sebagainya. Pondasi strauss pile dikategorikan sebagai pondsi dangkal, hal ini disebabkan pondasi strauss pile memiliki kedalaman sangat terbatas, karena pondasi strauss pile di kerjakan pengeboran menggunakan tenaga manual/manusia. Rata-rata kedalaman pondasi strauss pile yang dapat di kerjakan di bawah 6meter terantung kondisi lapisan tanah. Lubang pengeboran strauss pile yang dapat di kerjakan rata-rata diameter 20cm sampai 40cm. Jika diameter pondasi yang dibutuhkan lebih besar dan kedalaman lebih dari 6meter maka penggunaan bor manual tidak memenuhi syarat, untuk itu perlu menggunakan bor pile mesin(bor pile mini crane).

Strauss pile adalah metode paling efektif untuk pondasi bangunan yang memiliki beban tingkat rendah dan sebagai pengganti pondasi batu kali. Biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah 30% dari pondasi bor pile mesin dan waktu pengerjaan lebih cepat dan praktis menjadikan strauss pile pilihan pondasi yang tepat.

Berikut ini adalah uraian sedikit tentang cara membuat pondasi strauss pile menggunakan alat bor manual dengan teknik pekerjaan yang baik.
  • Langkah awal dalam pembuatan pondasi setrauss pile adalah mempersiapkan lahan kerja,yaitu membebaskan lahan dari bekas pondasi lama dan harus di gali hingga ketemu tanah asli pada titik strauss pile itu sendiri. Karena dalam pekerjaan pengeboran lubang secara manual tenaga tidak akan mampu melakukan pengeboran tanah jika masih terdapat batuan pondasi lama yang ada.
  • Yang ke dua yaitu menyiapkan alat bor auger pipa,stangbor dan tuas pemutar pipa tersebut. Alat strauss pile di seat sehingga terbentuk alat bor pile manual atau terlihat spintas seperti alat bor sumur manual akan tetapi mata bornya lebih besar.Kemudian mata bor setelah di seat sebaik mungkin maka alat bor manual ditancapkan pada titik pondasi yang akan dibangun. pengeboran dilakuakan dengan diberi tekanan dan di putar searah putaran jarum jam. Setelah mata bor dirasa cukup penuh dengan limbah yang berupa tanah maka di angkat dan dibuang dan di bersihkan dari mata bor. Hal ini dilakukan berulang-ulang sehingga mendapatkan hasil sesuai perencanaana atau sampai di lapisan tanah keras hingga pengeboran tidak dapat dilakukan lagi pada kedalaman tertentu.
proses pembuatan strauss pile
  • Tahap selanjutnya adalah menyiapkan besi tulangan dengan panjang sesuai kedalaman lubang atau lebih panjang sedikit untuk penyambungan terhadap pilecap.Besi dirakit mengunakan cicin berbentuk sepiral dan diikat menggunakan kawat beton/bendrat. Jika perakitan besi tulangan sudah selesai maka besi bisa dimasukan ke dalam lubang strauss pile yang sudah siap tersebut srecara berhati-hati untuk menghindari banyak singgungan dengan diding lubang bor.
besi tulangan bor pile dan strauss pile
  • Pengecoran strauss pile. Pengecoran lubang strauss pile yaitu dengan cara memasang chassing pralon 4″ ke dalam hingga mencapai dasar lubang terlebih dahulu. Chasing paralon berfungsi sebagai alat bantu cor untuk melakukan proses pengecoran dri dasar lubang. Beton di tuang di bagian atas lubang paralon yang sudah dimasukan ke dalam lubang tersebut. Setelah paralon terisi penuh dengan beton maka paralon diangkat dikit demi sedikit supaya beton sampai di dasar lubang dan sambil diisi beton dari atas lubang pipa. Setelah proses pengecoran selesai atau sudah penuh maka crew mempersiapkan untuk pekerjaan titik selanjutnya.
pengecoran strauss pile

STAY IN THE LOOP

Subscribe to our free newsletter.

Thank you for your message. It has been sent.
There was an error trying to send your message. Please try again later.

Don’t have an account yet? Get started with a 12-day free trial

Related Posts

View all
  • Pondasi strauss pile adalah salah satu jenis pondasi dalam kategori pile foundation. Pondasi jenis ini termasuk dalam kategori pondasi dalam, yaitu digunakan untuk konstruksi berskala besar yang perlu menopang beban tinggi. Dalam kategori pondasi dalam, strauss pile merupakan jenis pondasi manual dalam pengerjaannya, artinya tidak menggunakan tiang pondasi yang sudah diproduksi terlebih dahulu. Pondasi ini […]

    Continue reading
  • Anda pasti sudah sering mendengar tentang pondasi bangunan, tetapi apakah Anda mengetahui apa itu pondasi bore pile? Dalam setiap bangunan, pondasi menjadi komponen utama untuk membuatnya tetap kokoh dan dapat berdiri dalam jangka waktu yang panjang. Di dunia konstruksi, tidak hanya ada 1 jenis pondasi yang bisa digunakan. Melainkan terdapat beberapa jenis yang terbagi berdasarkan […]

    Continue reading
  • Pondasi Bore Pile adalah jenis pondasi dalam yang berbentuk tabung, yaitu berfungsi meneruskan beban struktur bangunan diatasnya dari permukaan tanah sampai lapisan tanah keras di bawahnya. Pondasi bore pile memiliki fungsi yang sama dengan pondasi tiang pancang atau pondasi dalam lainya. Perbedaan di antara keduanya adalah pada cara pelaksanaan pengerjaanya. Pelaksanaan pondasi bore diawali dari pembuatan lubang […]

    Continue reading
  • Bentuk dari pondasi strauss pile/bor pile manual tidak berbeda jauh dengan pondasi bore pile mesin minicrane. Hal yang membedakan hanya cara pengerjaan, alat yang di gunakan dan kapasitas kerja. Hal ini menjadikan perbedaan biaya yang di keluarkan lebih mahal pondasi bore pile 30%, akan tetapi pondasi bore pile mesin mincran lebih maksimal dalam segi kedalaman […]

    Continue reading